Tempat Si MamaBunda beraksi

Dapur Mambu = dapurnya si mama bunda. Mambune mambu wueenakk dan suedepp tiap hari wong dipenuhi aroma cinta dan semangat buat kasih yang terbaik untuk orang tercinta


Bolu Kukus ceria

Di milis NCC lg rame event bolkus week horee.. secara bunda juga blom pernah ikutan week2an nya NCC dan blom pernah juga bikin bolkus sebelumnya. Pas ngeliatin milis laporan temen2 smakin bikin 'panas' hehehe maka beraksilah bunda dalam event ini , bunda sempet nyetorin hasil karya dua kali. hehe Alhamdulillah selama bikin sukses mekrok ajah walopun baru  praktek satu jenis resep  dengan teknik dan jurus dari eyang hehe secara dulu si eyang kan  jualan bolkus dan bikin saban hari, makanya   pertama mo buat kok  rada males , abis pas dulu msh serumah ama eyang dah blenger sendiri tiap hari bolkus mulu hehe. Klo berdasarkan sharing di milis ada beberapa resep yg beredar dan semua punya keunggulan dan trik2 tertentu  hehe*sotoy.. ada yang praktek bikin plek sama dg resep  tp msh juga menghasilkan bolkus yg tdk maksimal (kalo ga migkem ato bs juga mekar semekar-mekarnya ga cantik). Maka bunda memutuskan pake resep ala si Eyang aja dah, kan klo ga berhasil bs langsung komplen mumpung ada si eyang  di rumah jadi ada "instruktur" dan bisa mengalihkansi asisten kecil utk tdk "membantu"  sementara bunda nguplek di dapur hehehe.
Emang praktek bikin sendiri  beda bikin bolkus sendiri dan berhasil mekar alias mekrok bikin nagih. hihihi. yuk marii yang mau ikutan menaklukan kutukan bolkus silahkeun dicoba resepnya. Bunda nyoba nyimpen satu trus pas dimakan besoknya masih oke dari ras dan strukturnya tetep lembut.

Bolu kukus  ceria ala mamabunda





*berhub aku males nimbang2 maka aku pakai gelas belimbing (taukan gelas belimbing) itu yg bening beling biasa ukuran std isi 250 ml.
Bahan :
2 gelas munjung tepung terigu protein sedang ( pake segitiga biru)
1 gelas peres gula pasir
2
btr telur (cari yg uk nya sedang/besar)
2 sdk teh munjung emulsifier ( aku pake tbm/ovalet)
stgh gelas sprite/air soda (gw pake sprite, usahain yg msh baru jgn yg dah di buka yaa)
stgh gelas susu cair/santan (gw pake susu bearbrand soalnya itu yg ada di kulkas hehe)
Vanila paste/vanili bubuk (bs diskip)
cara bikinnya :
ambil wadah yg lumayan besar semua bahan masukin(kecuali pasta dan pewarna) dan kocok.  pertama kocok dg speed rendah (biar tepung ga berantakan) kemudian speed naiikin sampe max kocok  sampe putih dan fluffy (kurleb 15 -20 menit tergantung kehandalan miksernya klo pake mikser yg miyako or philips 20 menit ya kl pke yg cangih (heavy duty maksudnya) 10 mnt dah oke)
kalo dah putih fluffy (tes pake sendok ambil sedikit trus coba di tumpahin ga jatoh berarti dah fluffy tu)
adonan siap , tinggal diwarnain sesuai selera. taro di wadah ambil sebagian bikin 2 or 3 wrna teserah dah. terus masukin deh ke cetakan yg dah dialasi kertas cup.tuang bergantian sesendok adonan putih terus sesendok lg adonan wrna1 taro di tengahh trus sendok lg warna 2 dst. kukus kurleb 15 mnt.

variasi bolkus mamabunda lainnya : Bolu Kukus Kacang Hijau
* resep sama seperti diatas cuma cairannya yaitu air soda dan susu di ganti dengan air sari kacang hijau asli (bs dari yag minuman kotak itu atau sari kacang ijo murni atau juga dari bubur kacang ijo yang diblender halus).Bedanya dengan resep yg pake air soda kalo menurut aku yang ini lebih padat tapi gak keras or bantet cuma agak legit gitu lah jika dibanding dengan yg bolkus warna warni ceria. Klo yg pke kacang ijo wangi khas kacang ijo..oh iya disini bunda tambahin meyses coklat sesuai request si putri kecil..
hhmm yummy..buat nemenin coffee time sore-sore atau nemenin di kala sabtu yg hrs masuk kantor juga  *haiyahh curcol ^-^ 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar