Tempat Si MamaBunda beraksi

Dapur Mambu = dapurnya si mama bunda. Mambune mambu wueenakk dan suedepp tiap hari wong dipenuhi aroma cinta dan semangat buat kasih yang terbaik untuk orang tercinta


my first opera cake

Hurrayy.. bgtu selese ngerjain proyek ini.. lega tapi ga puas juga lah (abis msh jauuhh dr rapih hehe) Tapi senengg bgt krn dah berhasil ngerjain opera cake, begitu nyobain rasanya.. hmm yummy.. (hehe yg bikin juga doyan sendiri secara biasanya cuma dpt si opera dari toko bakery kesohor hehe) dan klo mo di bilang mahh rasanya punya bundah ini juga juara (hehe narsis sendiri wkwkwk) Engga kok ini resep opera cake NCC emang top, enyak, nendang, poll.. apalgi klo di tebelin lapisan cream kopi/mocca nya.. hmm yummy (bagi si penyuka kopi mahh.)
Opera cake ini dibuat sebagai trial bundah hehehe mumpung ada yg dijadiin korbannya hehe.. si eneng Ratna , sahabatku dr sejak sd. Aku dari beberapa waktu lalu niat kursus cake intenasional di NCC yg salah satunya bikin cake opera ini,  tp blom juga bs terlaksana. Maka nekadlah langsung practice sajah sang bakul kueh hwee.weeeh. Dlm rangka Ultah Neng Ratna ini, dan sjk awal aku tau   si Eneng ga doyan susu dan cake yg berasa keju /rasa yg magtegh gitu, maka dicobalah bikin opera ini soalnya kan jg krn dia yg ultah makanya bukan dia sendiri yg makan ni kue. Katanya kue langsung ludes bgtu di potong-potong di kantornya. Alhamdulillah, dan juga  ada yg mo order lg dari temen kantor si eneng.asiikk.deh.. 
Oke buat yg br mo   bikin kue ini emang klo baca resepnya trus bayangin n mikirinn doang rasanya tuhh ribeett.. hehehe tp bgtu langsung action mahh yahh ga susah lahh... (*sotoyy) setara dg hasil enaknya cake ini. Klo Bunda ngerasa yg perlu dilatih lagi tuh gmn ya trim kue yg rapih n rata dan juga hrsnya kalo emang ga pinter motong lurus (kyk bunda ini) yaa musti di bagi beberapa loyang aja jadi langsung satu loyang satu lapis. Klo bunda mah krn mo cepet jadi satu loyang di tipisin lagi, dari 2 loyang mjd 4 lapis dan alhasil tebelnya ga seragam.Pelajaran lanjutannya yaitu better dah nyiapin si ganche n creamnya sehari sblmnya jd pas cake mateng tinggal nunggu dingin dan siap langsung di filing n tumpuk deh.. Belepotan ganache di pinggir2 nya masih aja padahal dah di trim dg pisau yag dah di panasin. (emang dasar susah rapih dah aku orangnya huahaha).Resep NCC by ibu fat ini aku ikutin plek persis, ogah nanggung gagal secara telornya bnyak hehhe.Nah pas finishing ajah bunda agak improve sedikit.
Di resep ini lapisannya adalah coklat ganache, nah bunda sempet googling juga ada resep yg pake lapisan cream mocca dan karena stock whc msh ada so dikinlah cream mocca sbg filing . jd selang-seling antara gancahe dan cream mocca nya. Cream mocca di buat dari whipkrim kocok plus kopi instan yg dicairin dg 2 sendok air plus essens coffe mocca (bunda pake merk hamer, mnrtku wanginya enak).trus buat menguatkan rasa kopi juga maka tiap lapisan cakenya di siram sirup kopi lg.berikut resep asli dr NCC.
OPERA CAKE
 
Bahan A :
15 btr kuning telur
5 btr telur utuh
200 gr gula kastor
125 gr tepung terigu
20 gr tepung maizena
15 gr emulsifier
250 gr almond bubuk

Bahan B :90 gr mentega
90 gr margarine
1 sdm rhum (optional)
1 sdm susu kental manis
Bahan C :
500 ml air, panas
40 gr coklat bubuk
20 gr kopi bubuk
100 gr gula pasir
3 sdm rhum (optional)
Bahan D :Satu resep Chocolate Ganache ( lihat resep )
Cara membuatnya :
  1. Bahan B: lelehkan mentega dan margarine, tuang susu kental manis aduk rata. Sisihkan.
  2. Adonan C: dicampur menjadi satu, aduk hingga gula larut. Sisihkan.
  3. Bahan A: kocok gula dan telur hingga kental dan mengembang, campur tepung terigu & Maizena, ayakkan diatas adonan telur lalu taburkan juga almond bubuk, aduk rata, masukkan bahan B aduk rata kembali, tuang dalam 3 loyang ukuran 30x30cm, oven hingga matang, sisihkan.
  4. Penyelesaian:
    Lepaskan cake dari loyang, basahi dengan bahan C.
    Susun cake diatas alas lapisi dengan bahan D, ratakan. Tumpukkan lapisan selanjutnya, oles lagi dengan bahan D. Tumpukkan lagi satu cake diatasnya, lalu oles lagi dengan bahan D, licinkan, hias sesuai selera.
CHOCOLATE GANACHE
Bahan :
500 gr dark cooking chocolate
200 gr whipped cream
30 gr butter
Cara membuatnya:
  1. Panaskan whipped cream, angkat, masukkan dark cooking chocolate yg sudah dipotong-potong, dan butter, aduk hingga leleh.
  2. Dinginkan dalam lemari es hingga semalaman, keluarkan, lalu diamkan hingga suhu ruang. Kocok hingga lembut dan ringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar